E-Government

PDFCetakE-mail

E-government adalah suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang ber-basis-kan media elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien.

Dengan diaplikasikannya e-government ini, maka penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dan pemerintah daerah otonom dapat dioptimalkan dengan pemanfaatan media teknologi informasi.

Pelaksanaan e-government ini harus diaplikasikan secara terpadu dengan inisiatif masing-masing instansi yang dikuatkan oleh kerangka kebijakan untuk menjamin kesatuannya dalam suatu jaringan sistem manajemen kerja.

E-government juga merupakan perubahan struktur manajemen pemerintahan yang selama ini menggunakan sistem hirarki dan komando sektoral yang mengerucut, menjadi sistem manajemen organisasi jaringan yang dapat memperpendek lini pengambilan keputusan serta memperluas rentang kendali. Selain itu tujuan dari aplikasi e-government ini adalah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan menampung serta memfasilitasi aspirasi publik dalam perumusan kebijakan pemerintah untuk menciptakan good governance.

 

InPres Tentang E-Government :

Pada tanggal 9 Juni 2003, telah diterbitkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi Nasional Pengembangan E-government. Instruksi Presiden tersebut ditujukan kepada Menteri, Kepala LPND, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Tertinggi dan Tinggi Negara, Panglima TNI, KAPOLRI, Jaksa Agung, Gubernur dan Bupati/Walikota.

Lebih lanjut mengenai aplikasi, implementasi, panduan dan persiapannya, silakan akses disini.

Pemerintah desa Sindanglaya pun turut berpartisipasi dalam penerapan dan pengembangan teknologi informasi, khususnya dalam pengembangan aplikasi basis data penduduk, dimana aplikasi dari penerapan ini dapat meningkatkan tingkat efisiensi dan efektifitas kerja, selain itu pengembangan implementasi teknologi informasi ini pun meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kami mengharapkan dimasa mendatang agar implementasi dan pengembangan pemanfaatan aplikasi teknologi informasi ini dapat di terapkan di desa - desa lain, sehingga akan lebih banyak lagi biaya dan waktu yang dapat di tekan serta maksud dan tujuan dari e-government tersebut diatas dapat tercapai dan diwujudkan serta dapat dirasakan hasilnya tidak hanya oleh masyarakat secara langsung, tetapi juga oleh pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah pusat.

 

** Tampilan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa (SIAKDES) yang dikembangkan dan digunakan sejak tahun 2006 sampai saat ini. Diprakarsai oleh orang-orang yang peduli akan perkembangan dan kemajuan Desa Sindanglaya yang tergabung dalam Tim Pengembang Manajemen Sistem Informasi (TPMSI) secara gotong royong.

 

 

Berita Desa

Realisasi DD TA. 2017

 Penggunaan Dana Desa (DD) Pemerintah Desa Sindanglaya tahap 1  1. Rehabilitasi Cor Beton Jalan Kp....

Desa Sindanglaya Rekrut Perangkat Desa

SINDANGALAYA-Terbitnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dimana sesuai Pasal 53 bahwa...

Kelola APBDesa, Sekdes se-Kab. Lampung Utara Bertamu ke Sindanglaya

Sebagai tindak lanjut kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa Bagi Para Sekretaris Desa...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Foto Kegiatan

Kami memiliki 29 tamu online

Kalimat Bijak

“You will get a true friend when you are at the very bottom of wheel.”

Anda akan mendapatkan teman sejati ketika anda berada di bagian roda yang paling bawah.